Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Equalizer Yang Bikin Kamu Paham Dalam 5 Menit

 


seputaraudio.com-Equalizer adalah alat audio yang digunakan untuk mengatur frekuensi suara. Dalam pembuatan musik dan pengolahan suara, frekuensi dapat diatur menggunakan alat bernama equalizer. Equalizer berfungsi untuk mengatur level suara, mengubah respons frekuensi, atau nada dari suara, lagu, atau instrumen. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengenal equalizer dalam audio:

1. Level: Level adalah seperti volume. Jika Anda tinggikan maka audio akan terdengar makin keras, dan jika Anda rendahkan maka akan terdengar makin lirih.

2. EQ: EQ adalah singkatan dari equalization (equalizer). Jika Anda menggunakan software audio editor dan mengalami kesulitan untuk menampilkan tools equalizer, kemungkinan software tersebut menakannya EQ.

3. Panning: Panning digunakan untuk mengatur level dan EQ. Untuk mengatur audio yang berada di frequency range yang sama, Anda perlu memindahkan tombol ke atas atau ke bawah (secara vertikal), sementara itu pada panning, tombol digeser ke kanan dan ke kiri (secara horizontal). Panning berguna untuk mengatur audio yang berada di frequency range yang sama dan memisahkan kedua instrument sehingga dapat mencegah keduanya saling bertumpuk/menutupi.

4. Time-Based Effect: Time-based effect menciptakan elemen kedalaman (depan ke belakang). Contoh dari time-based effect adalah reverb dan delay. Efek ini membuat audio seolah-olah terdengar jauh maupun memberikan sensasi pendengar berada di ruangan yang besar.

5. Frequency Range: Setiap suara memiliki rentang frekuensi masing-masing. Frequency range yang dapat didengar oleh manusia adalah 20 Hz – 20.000 Hz. Dalam pembuatan musik dan pengolahan suara, frekuensi dapat diatur menggunakan alat bernama equalizer.

6. Equalizer Grafis: Equalizer grafis adalah alat untuk mengubah respons frekuensi suara. Ide utama dari setiap EQ adalah untuk memberikan kendali atas rentang frekuensi suara tertentu, kendali granular atas volume suara.

7. Pengaturan Equalizer: Untuk mengoptimalkan kualitas audio, Anda dapat mengatur equalizer dengan pengaturan awal yang rata, lalu bertahap menyesuaikan pengaturan sesuai dengan keinginan Anda. Pengaturan frekuensi rendah (bass), menengah (midrange), dan tinggi (treble) mempengaruhi kualitas suara.

8. Penggunaan Equalizer: Equalizer digunakan untuk mengubah respons frekuensi suara, menambah bass, mengurangi bass, menambah treble, dan sebagainya. Harap ingat bahwa para teknisi profesional telah menyeimbangkan equalizer-nya sebelum rekamannya diproduksi.

Kesimpulan

Dengan mengenal dan menggunakan equalizer, Anda dapat memperbaiki kualitas suara dan membuat musik yang lebih baik.


Posting Komentar untuk "Pengertian Equalizer Yang Bikin Kamu Paham Dalam 5 Menit"